Aneka Macam Bakteri di Dunia

bakteri ada yang menguntungkan ada yang merugikan bagi manusia
Aneka Macam Bakteri

Kuasa Alloh SWT yang telah menciptakan segala makhluk hidup yang ada di dunia ini serta  Penciptaan langit dan bumi. Maha suci Alloh SWT yang menjadikan segala sesuatu menjadi ada dan hidup. Dialah yang mengetahui segala sesuatu baik itu sesuatu yang dapat terlihat dan tidak terlihat (Bakteri). Kekuasaanya menjadikan manusia dapat mengetahui yakni dengan memberikannya ilmu pengetahuan. Adanya ilmu pengatahuan menjadikan manusia terus mengembangkan ilmu menjadi teknologi. Melalui teknologi manusia menjadi tahu mengenai sesuatu yang berukuran sangat kecil seperti bakteri dan virus. Oleh karena itu sangat penting untuk mengetahui mengenai keanekaragaman mengenai organisme yang berukuran sangat kecil (mikro).

Berikut ini macam-macam bakteri yang perlu diketahui:

  1. Bakteri Berdasarkan ciri-ciri dinding sel

Bakteri berdasarkan dari dinding selnya terbagi menjadi dua bagian yakni bakteri negatif dan bakteri positif.

  • Bakteri positif

Bakteri yang satu ini memiliki dinding sel berlapis-lapis dan tebal. Salah satu yang dapat dijadikan sebagai contoh berupa: bakteri yang berwarna ungu, bakteri pengurai, bakteri yang tumbuh dilautan, bakteri yang tumbuh di sungai.

  • Bakteri negatif

Bakteri yang mempunyai dinding sel dengan lapisan yang tipis. Contoh nya berupa : bakteri yang berada di mulut dan saluran pencernaan, bakteri penyebab tetanus, bakteri yang hidup di hidung dan kulit

  1. Bakteri berdasarkan letak flagella

Semua jenis bakteri mempunya flagela yang tidak sama satu dengan yang lain. Berikut ini bakteri yang mempunyai flagela dibagi menjadi empat:

  • Bakteri dengan kepemilikan flagela pada pucuk sel sering disebut dengan bakteri monotrik
  • Bakteri dengan kepemilikan flagela pada dua pucuk sel sering disebut dengan bakteri amfitrik.
  • Bakteri dengan kepemilikan flagela pada mempunyai lebih dari dua flagella pada pucuk sel, sering disebut dengan lofotrik
  • Bakteri dengan kepemilikan flagela pada semua tubuhnya sering disebut dengan bakteri peritrik

3. Bakteri berdasarkan cara hidup

Bakteri jenis ini bertahan hidup dengan cara mengonsumsi organisme dan senyawa tertentu. Banyaknya jumlah bakteri ini tergantung pada sumber makanan yang tersedia. Diantarnya berupa:

  • Bakteri patogen ialah bakteri berupa parasit biasanya terdapat pada inangnya.
  • Bakteri patogen ialah bakteri yang bukan parasit dan tidak terdapat apada inangnya.
  • Bakteri parasit ialah bakteri yang memiliki banyak kerugian. Hal tersebut karena bakteri jenis ini memperoleh makanan dari anggota badan yang dihinggapinya.
  • Bakteri saprofit ialah bakteri yang hidup dengan cara memperoleh makananya dari makhluk hidup yang telah mati.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *