Vitamin Bagi Janin Di kandungan (Penting)

ketahui manfaat vitamin untuk bayi
Pentingnya vitamin bagi Janin

Kebahagiaan setiap pasangan suami dan istri (pasutri) berupa mengetahui  keadaan janin mereka dalam keadaan sehat. Pada masa kehamilan sang ibu harus benar-benar menjaga kesehatan serta makanan yang dikonsumsi. Hal tersebut sangat berpengaruh sangat besar bagi pertumbuhan dan perkembangan bayi dalam kandungan. Selama kehamilan sang ibu akan mengalami banyak perubahan yang sangat drastis, baik itu dari keadaan berat badan, emosional serta keinginan yang bermacam-macam. Walaupun demikan sang ibu harus tetap menjaga kesehatan kandungannya karena jika kurang hati-hati terlebih pada usia kandungan yang relatif muda sangat riskan terkena resiko yang tidak diinginkan nantinya. Resiko tersebut bisa berupa masalah perkembangan dan pertumbuhan janin dalam kandungan, berat bayi lahir rendah (BBLR), bayi kekurangan gizi, pertumbuhan yang lambat, sampai keguguran.

Masalah yang dialami oleh ibu hamil dari masa ke masa relatif sama yakni karena kekurangan gizi dan vitamin bagi sang ibu dan buah hatinya yang masih berada dalam kandungan. Hal tersebut berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh hertanto bertempat di kecamatan karangawen demak tepatnya tahun 2001 dikatakan bahwa ketika trimester II / kehamilan awal ibu hamil mengalami kekurangan seng (Zn) sebesar 66,7 %. selain itu survei yang telah dilakukan oleh UNICEF bertempat pada negara-negara berkembang menganai kesehatan ibu hamil beserta janinnya dikatakan banyak ibu hamil dan janin nya mengalami masalah vitamin dan mineral berupa kekurangan energi protein (KEP), kekurangan vitamin A, seng, asam folat yang sangat berpengaruh terhadap berat badan bayi ketika dilahirkan.

Walaupun demikian sang ibu tidak usah begitu cemas mengenai hal itu. Solusinya cukup dengan memperhatikan serta memenuhi kebutuhan vitamani, mineral serta gizi bagi janin yang sedang dikandungnya. Ada begitu banyak vitamin, mineral dan gizi yang diperlukan oleh sang ibu dan janin nya diantaranya protein hewani yang berasal dari hewan, protein nabati yang berasal dari tumbuhan, karbohidrat, zat besi, seng, vitamin A, asam folat, lemak esensial. Semua kebutuhan akan vitamin, protein dan mineral tersebut terdapat pada makanan pokok yakni beras merah (grosir beras merah). Beras merah memiliki banyak kandungan gizi,vitamin serta mineral diantaranya tinggi serat dan mineral, zink, tingi karbohidrat,lemak esensial,vitamin B6,serat, magnesium, asam folfat, protein, vitamin A,B,C,Zn,  B kompleks, serta magnesium. Kandungan pada beras merah tersebut berdasrkan penelitain yang telah dilakukan oleh anonim pada tahun 2004 meneliti mengenai kandungan beras merah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *